I.
Tujuan
·
Mahasiswa memahami konsep dasar
pemrograman Java
·
Mahasiswa tentang J2ME dan MIDlet
II.
Aplikasi Yang Digunakan
·
Compiler Java
·
NetBeans
III.
DasarTeori
MIDlet adalah sebutan untuk
aplikasi- aplikasi yang dibuat di dalam handphone dengan menggunakan profil
MIDP (Mobile Information Device Profile). Ternyata, dibalik perangkat kecil
yang kita gunakan, tersimpan teknologi yang canggih. Fitur-fitur yang ada pada
handphone dan PDA mungkin tidak akan secanggih sekarang jika dulu James Gosling
tidak menemukan bahasa pemrograman Java, yang merupakan ‘bapak’ dari
J2ME.
Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.
MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.
Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.
MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.
IV. Langkah Kerja
Percobaan 02
1. File --> New Project -->
Java ME --> Mobile Class Libary
1. Klick Mobile Library -->
New --> MIDlet
1. Ketik Kode Program berikut :
import
javax.microedition.midlet.*;
import
javax.microedition.lcdui.*;
public class Midlet extends
MIDlet
implements CommandListener {
private Display display;
private Command cmdKeluar;
public Midlet (){
display = Display.getDisplay(this); }
public void startApp() {
TextBox tb = new TextBox("Hello
Midlet","Hello J2ME...!",256,0);
cmdKeluar = new
Command("Keluar",Command.EXIT,1);
tb.addCommand(cmdKeluar);
tb.setCommandListener (this);
display.setCurrent(tb);}
public void pauseApp() {}
public void destroyApp(boolean
unconditional) {}
public void CommandAction(Command
c,Displayable s){
if (c == cmdKeluar){
destroyApp (false);
notifyDestroyed();
}}
public void commandAction(Command
c,Displayable d){
throw new
UnsupportedOperationException("Not supported yet.");}}
1. Hasil Percobaan :
ANALISA
Terdapat 3 buah method dalam setiap MIDlet :
·
startApp()
·
pauseApp()
·
destroyApp()
Setelah kita melakukan percobaan maka kita dapat mengetahui
bahwa program dapat berjalan atau berhasil. object Display (hanya ada satu display per MIDlet) untuk melakukan fingsi
menggambar pada layar.
TextBox adalah untuk dapat menuliskan kalimat atau karakter pada Box yang akan
ditampilkan. TB adalah sebagai variable dari TextBox, pada percobaan ini
menampilkan tulisan "Hello J2ME". cmdKeluar digunakan untuk membuat
perintah keluar atau comman untuk Exit.
Percobaan 03
sama seperti percobaan sebelumnya kita membuat Mobil Libary dan MIDlet
terlebih dahulu.
1. File --> New Project -->
Java ME --> Mobile Class Libary
2. Klick Mobile Library -->
New --> MIDlet
3. Ketik Kode Program berikut :
import javax.microedition.midlet.*;
import
javax.microedition.lcdui.*;
public class Midlet extends
MIDlet {
private CommandListener
listener;
private Display display;
private Command cmdKeluar;
private Command cmdHello;
private TextBox tb;
public Midlet (){
display = Display.getDisplay(this);
}
public void startApp() {
tb = new
TextBox("CommandListener",null,256,0);
cmdKeluar = new
Command("Keluar",Command.EXIT,1);
tb.addCommand(cmdKeluar);
cmdHello = new
Command("HELLO",Command.SCREEN,1);
tb.addCommand(cmdHello);
listener = (CommandListener) new
contohListener();
tb.setCommandListener (listener);
display.setCurrent(tb); }
public void pauseApp() {}
public void destroyApp(boolean
unconditional) {}
class contohListener implements
CommandListener {
public void commandAction(Command c,
Displayable s){
if (c == cmdKeluar){
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}else if(c == cmdHello){
tb.setString("Hello J2ME
haha...!"); }}}; }
1.
Hasil Percobaan :
Hasil Percobaan :
ANALISA
Pada percobaan maka kita dapat mengetahui bahwa program dapat
berjalan atau berhasil. object
Display (hanya ada satu display per MIDlet) untuk melakukan fingsi
menggambar pada layar.
TextBox adalah untuk dapat menuliskan kalimat atau karakter pada Box yang akan
ditampilkan. TB adalah sebagai variable dari TextBox, pada percobaan ini
menampilkan tulisan "Hello J2ME". cmdKeluar digunakan untuk membuat
perintah keluar atau comman untuk Exit. cmdHello digunakan untuk menampilkan
tombol HELLO seperti yang kita lihat pada hasil tampilan di HP. pada cmdHello
di set kode program tb untuk menampilkan tulisan "Hello J2ME haha...!
"sehingga apabila kita mengklick tombol HELLO maka akan keluar text
seperti tersebut. Sedangkan CommandListener digunakan untuk mengeksekusi
sebuah perintah dari user (semacam tombol untuk menjalankan suatu perintah).
No comments:
Post a Comment