Tutorial pemoggraman java j2me

Pemoggraman java j2me

Ads Here

Wednesday, 25 May 2016

TUTORIAL J2ME HELLO J2ME

I.                  Tujuan
·         Mahasiswa memahami konsep dasar pemrograman Java
·         Mahasiswa tentang J2ME dan MIDlet

II.               Aplikasi Yang Digunakan
·         Compiler Java
·         NetBeans

III.           DasarTeori
            MIDlet adalah sebutan untuk aplikasi- aplikasi yang dibuat di dalam handphone dengan menggunakan profil MIDP (Mobile Information Device Profile). Ternyata, dibalik perangkat kecil yang kita gunakan, tersimpan teknologi yang canggih. Fitur-fitur yang ada pada handphone dan PDA mungkin tidak akan secanggih sekarang jika dulu James Gosling tidak menemukan bahasa pemrograman Java, yang merupakan ‘bapak’ dari J2ME.

            Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.

            MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.




IV.    Langkah Kerja
   Percobaan 02

1.     File --> New Project --> Java ME --> Mobile Class Libary



1.     Klick Mobile Library --> New --> MIDlet



1.     Ketik Kode Program berikut :
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class Midlet extends MIDlet
implements CommandListener {
private Display display;
private Command cmdKeluar;
   
 public Midlet (){
        display = Display.getDisplay(this); }
    public void startApp() {
        TextBox tb = new TextBox("Hello Midlet","Hello J2ME...!",256,0);
        cmdKeluar = new Command("Keluar",Command.EXIT,1);
        tb.addCommand(cmdKeluar);
        tb.setCommandListener (this);
        display.setCurrent(tb);}
  
    public void pauseApp() {}

    public void destroyApp(boolean unconditional) {}
    public void CommandAction(Command c,Displayable s){
        if (c == cmdKeluar){
            destroyApp (false);
            notifyDestroyed();
        }}
    public void commandAction(Command c,Displayable d){
        throw new UnsupportedOperationException("Not supported yet.");}}





 1.     Hasil Percobaan :


ANALISA
            Terdapat 3 buah method dalam setiap MIDlet :
·         startApp()
·         pauseApp()
·         destroyApp()
      Setelah kita melakukan percobaan maka kita dapat mengetahui bahwa program dapat berjalan atau berhasil. object Display (hanya ada satu display per MIDlet) untuk melakukan fingsi menggambar pada layar. TextBox adalah untuk dapat menuliskan kalimat atau karakter pada Box yang akan ditampilkan. TB adalah sebagai variable dari TextBox, pada percobaan ini menampilkan tulisan "Hello J2ME". cmdKeluar digunakan untuk membuat perintah keluar atau comman untuk Exit.

   Percobaan 03
          sama seperti percobaan sebelumnya kita membuat Mobil Libary dan MIDlet terlebih dahulu.
1.     File --> New Project --> Java ME --> Mobile Class Libary
2.     Klick Mobile Library --> New --> MIDlet
3.     Ketik Kode Program berikut :
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class Midlet extends MIDlet {
private CommandListener listener;
private Display display;
private Command cmdKeluar;
private Command cmdHello;
private TextBox tb;
        public Midlet (){
            display = Display.getDisplay(this); }
    public void startApp() {
         tb = new TextBox("CommandListener",null,256,0);
        
        cmdKeluar = new Command("Keluar",Command.EXIT,1);
        tb.addCommand(cmdKeluar);
        cmdHello = new Command("HELLO",Command.SCREEN,1);
        tb.addCommand(cmdHello);
        listener = (CommandListener) new contohListener();
        tb.setCommandListener (listener);
        display.setCurrent(tb);   }
   
    public void pauseApp() {}
   
    public void destroyApp(boolean unconditional) {}
     class contohListener implements CommandListener {
         public void commandAction(Command c, Displayable s){
             if (c == cmdKeluar){
                 destroyApp(false);
                 notifyDestroyed();
             }else if(c == cmdHello){
                 tb.setString("Hello J2ME haha...!");  }}};   }


1.    

Hasil Percobaan :


ANALISA
      Pada percobaan maka kita dapat mengetahui bahwa program dapat berjalan atau berhasil. object Display (hanya ada satu display per MIDlet) untuk melakukan fingsi menggambar pada layar. TextBox adalah untuk dapat menuliskan kalimat atau karakter pada Box yang akan ditampilkan. TB adalah sebagai variable dari TextBox, pada percobaan ini menampilkan tulisan "Hello J2ME". cmdKeluar digunakan untuk membuat perintah keluar atau comman untuk Exit. cmdHello digunakan untuk menampilkan tombol HELLO seperti yang kita lihat pada hasil tampilan di HP. pada cmdHello di set kode program tb untuk menampilkan tulisan "Hello J2ME haha...! "sehingga apabila kita mengklick tombol HELLO maka akan keluar text seperti tersebut. Sedangkan CommandListener digunakan untuk mengeksekusi sebuah perintah dari user (semacam tombol untuk menjalankan suatu perintah).


No comments:

Post a Comment