Tutorial pemoggraman java j2me

Pemoggraman java j2me

Ads Here

Wednesday, 25 May 2016

TUTORIAL J2ME GAMBAR TEKS

I.                  Tujuan
·         Mahasiswa memahami konsep dasar pemrograman Java
·         Mahasiswa tentang J2ME dan MIDlet

II.               Aplikasi Yang Digunakan
·         Compiler Java
·         NetBeans

III.           DasarTeori
            MIDlet adalah sebutan untuk aplikasi- aplikasi yang dibuat di dalam handphone dengan menggunakan profil MIDP (Mobile Information Device Profile). Ternyata, dibalik perangkat kecil yang kita gunakan, tersimpan teknologi yang canggih. Fitur-fitur yang ada pada handphone dan PDA mungkin tidak akan secanggih sekarang jika dulu James Gosling tidak menemukan bahasa pemrograman Java, yang merupakan ‘bapak’ dari J2ME.

            Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.

            MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.




# _#  Langkah Kerja   GAMBAR TEKS
         Percobaan
1.     File --> New Project --> Java ME --> Mobile Class Libary


1.     Klick Mobile Library --> New --> MIDlet



1.     Masukkan code program ini sebagai berikut  :

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
                
/**
 * @author MUHAMMAD AFDAL
 */
public class GamabarTeks extends MIDlet {
private Display display;
HelloCanvas1 canvas;

    public void startApp() {
        if(display == null){
            canvas = new HelloCanvas1(this);
            display = Display.getDisplay(this);
        }
        display.setCurrent(canvas);
    }
   
   
    public void pauseApp() {
    }
   
    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
    protected void Quit(){
        destroyApp(true);
        notifyDestroyed();
    }
}
class HelloCanvas1 extends Canvas implements CommandListener {
    private Command exitCommand = new Command("Exit",Command.EXIT,0);
    private GamabarTeks coba;
    public HelloCanvas1(GamabarTeks coba){
        this.coba = coba;
        addCommand(exitCommand);
        setCommandListener(this);
    }
    protected void paint (Graphics g){
        g.setColor(255,255,255);
        g.fillRect(0,0,getWidth(),getHeight());
        g.setColor(255,0,0);
        g.drawString("BABII",getWidth()/2,getHeight()/2,Graphics.TOP | Graphics.HCENTER);
        g.setColor(0,0,255);
        Font font = g.getFont();
        g.drawString("JOBSHEET KE 2",getWidth()/2,getHeight()/2+font.getHeight(), Graphics.TOP | Graphics.HCENTER);
    }
    public void commandAction(Command c, Displayable d){
        if(c == exitCommand){
            coba.Quit();
        }
    }


4.  Setelah selesai memasukkan code program tersebut tanpa tanda eror,
     Simpan Project dengan klik File > Save All.
5.  Didalam panel Project klik kanan pada program lalu klik Deploy.
6.  Jalankan aplikasi dengan klik Run > Run Main Project. Maka aplikasi akan dijalankan




6.  Hasil Pemograman  setelah di run >>>



 

ANALISA
public void
  drawString(String str,
             int x,
             int y,
             int anchor)
Menggambar teks dalam str
menggunakan warna dan huruf yang
tersedia. (x,y) adalah koordinat titik
anchor
public void
  drawSubstring(String str,
                int offset,
                int len,
                int x,
                int y,
                int anchor)
Sama seperti drawString, kecuali ini hanya
akan menggambar substring dari offset
(berbasis nol) dengan panjang length.
public void
  drawChar(char character,
           int x,
           int y,
           int anchor)
Menggambar karakter dengan warna dan
huruf yang tersedia
public void
  drawChars(char[] data,
            int offset,
            int length,
            int x,
            int y,
            int anchor)
Menggambar karakter dalam data array
karakter, dimulai dari indeks offset dengan
panjang length

Berikut adalah beberapa metode dari Font yang berguna dalam menggambar teks:

public int getHeight()
Mengembalikan tinggi teks dalam huruf ini.
Tinggi dikembalikan termasuk spasi ekstra.








No comments:

Post a Comment