I.
Tujuan
·
Mahasiswa memahami konsep dasar pemrograman Java
·
Mahasiswa tentang J2ME dan MIDlet
II.
Aplikasi Yang Digunakan
·
Compiler Java
·
NetBeans
III.
DasarTeori
MIDlet adalah sebutan untuk aplikasi-
aplikasi yang dibuat di dalam handphone dengan menggunakan profil MIDP (Mobile
Information Device Profile). Ternyata, dibalik perangkat kecil yang kita
gunakan, tersimpan teknologi yang canggih. Fitur-fitur yang ada pada handphone
dan PDA mungkin tidak akan secanggih sekarang jika dulu James Gosling tidak
menemukan bahasa pemrograman Java, yang merupakan ‘bapak’ dari J2ME.
Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.
MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.
Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.
MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.
# _# Langkah
Kerja GAMBAR TEKS
Percobaan
1.
File --> New Project --> Java ME --> Mobile Class Libary
1.
Klick Mobile Library --> New --> MIDlet
1.
Masukkan code program ini sebagai berikut :
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
/**
* @author MUHAMMAD AFDAL
*/
public class GamabarTeks extends MIDlet {
private Display display;
HelloCanvas1 canvas;
public void startApp()
{
if(display ==
null){
canvas = new
HelloCanvas1(this);
display =
Display.getDisplay(this);
}
display.setCurrent(canvas);
}
public void pauseApp()
{
}
public void destroyApp(boolean unconditional)
{
}
protected void Quit(){
destroyApp(true);
notifyDestroyed();
}
}
class HelloCanvas1 extends Canvas implements CommandListener {
private Command
exitCommand = new Command("Exit",Command.EXIT,0);
private GamabarTeks
coba;
public
HelloCanvas1(GamabarTeks coba){
this.coba = coba;
addCommand(exitCommand);
setCommandListener(this);
}
protected void paint
(Graphics g){
g.setColor(255,255,255);
g.fillRect(0,0,getWidth(),getHeight());
g.setColor(255,0,0);
g.drawString("BABII",getWidth()/2,getHeight()/2,Graphics.TOP |
Graphics.HCENTER);
g.setColor(0,0,255);
Font font = g.getFont();
g.drawString("JOBSHEET KE
2",getWidth()/2,getHeight()/2+font.getHeight(), Graphics.TOP |
Graphics.HCENTER);
}
public void
commandAction(Command c, Displayable d){
if(c ==
exitCommand){
coba.Quit();
}
}
4. Setelah selesai memasukkan code program
tersebut tanpa tanda eror,
Simpan Project dengan klik File > Save All.
5. Didalam panel Project klik kanan pada program lalu klik Deploy.
6. Jalankan aplikasi dengan klik Run > Run Main Project. Maka aplikasi akan dijalankan
Simpan Project dengan klik File > Save All.
5. Didalam panel Project klik kanan pada program lalu klik Deploy.
6. Jalankan aplikasi dengan klik Run > Run Main Project. Maka aplikasi akan dijalankan
6. Hasil Pemograman setelah di run >>>
ANALISA
public void
drawString(String
str,
int x,
int y,
int anchor)
|
Menggambar teks dalam str
menggunakan warna dan huruf yang
tersedia. (x,y) adalah koordinat titik
anchor
|
public void
drawSubstring(String str,
int offset,
int len,
int x,
int y,
int anchor)
|
Sama seperti
drawString, kecuali ini hanya
akan menggambar
substring dari offset
(berbasis nol)
dengan panjang length.
|
public void
drawChar(char
character,
int x,
int y,
int anchor)
|
Menggambar karakter
dengan warna dan
huruf yang tersedia
|
public void
drawChars(char[]
data,
int offset,
int length,
int x,
int y,
int anchor)
|
Menggambar karakter
dalam data array
karakter, dimulai
dari indeks offset dengan
panjang length
|
Berikut
adalah beberapa metode dari Font yang berguna dalam menggambar teks:
public int getHeight()
|
Mengembalikan tinggi
teks dalam huruf ini.
Tinggi dikembalikan
termasuk spasi ekstra.
|
No comments:
Post a Comment