Tutorial pemoggraman java j2me

Pemoggraman java j2me

Ads Here

Sunday, 8 May 2016

Tutorial j2me segi empat

I.                  Tujuan
·         Mahasiswa memahami konsep dasar pemrograman Java
·         Mahasiswa tentang J2ME dan MIDlet

II.               Aplikasi Yang Digunakan
·         Compiler Java
·         NetBeans

III.           DasarTeori

            MIDlet adalah sebutan untuk aplikasi- aplikasi yang dibuat di dalam handphone dengan menggunakan profil MIDP (Mobile Information Device Profile). Ternyata, dibalik perangkat kecil yang kita gunakan, tersimpan teknologi yang canggih. Fitur-fitur yang ada pada handphone dan PDA mungkin tidak akan secanggih sekarang jika dulu James Gosling tidak menemukan bahasa pemrograman Java, yang merupakan ‘bapak’ dari J2ME.

            Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.

            MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.
               



  #_# Langkah Kerja SEGI EMPAT
         Percobaan 0

1.     File --> New Project --> Java ME --> Mobile Class Libary


2.     Klick Mobile Library --> New --> MIDlet


1.     Masukkan code program ini sebagai berikut  :

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

/**
 * @author MUHAMMAD AFDAL
 */
public class segiempat extends MIDlet {
private Display display;
HelloCanvas3 canvas;

    public void startApp() {
        if(display == null){
            canvas = new HelloCanvas3(this);
            display = Display.getDisplay(this);
        }
        display.setCurrent(canvas);
    }
   
    public void pauseApp() {
    }
   
    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
    protected void Quit(){
        destroyApp(true);
        notifyDestroyed();
    }
}
class HelloCanvas3 extends Canvas implements CommandListener {
    private Command exitCommand = new Command("Exit",Command.EXIT,7);
    private segiempat segiempat;
    public HelloCanvas3(segiempat segiempat){
        this.segiempat = segiempat;
        addCommand(exitCommand);
        setCommandListener(this);
    }
    protected void paint (Graphics g){
        g.setColor(255,255,255);
        g.fillRect(0,0,getWidth(),getHeight());
        //menggambar kotak berwarna kuning
        g.setColor(0,0,0);
        g.drawRect(8,8,50,32);
        g.setColor(255,255,0);
        g.fillRect(8,8,50,32);
        //menggambar berbagai macam jenis kotak
        g.setColor(0,0,0);
        g.drawRect(8,50,88,44);
        g.fillRect(8,100,88,44);
        g.fillRoundRect(8,150,88,44,18,18);
    }
    public void commandAction(Command c, Displayable d){
        if(c == exitCommand){
            segiempat.Quit();
        }
    }
}

3.  Setelah selesai memasukkan code program tersebut tanpa tanda eror,
     Simpan Project dengan klik File > Save All.
4.  Didalam panel Project klik kanan pada program lalu klik Deploy.
5.  Jalankan aplikasi dengan klik Run > Run Main Project. Maka aplikasi akan dijalankan




GAMBAR 1. Hasil gambar jika kita ingin 
     haya memangil kotak kuning saja


Gambar 2. Dan jika kita hanya Cuma
memangil kotak macam jenis kotak



Gambar 3 . hasil gambar jika memangil
Kedua gambar 


ANALISA :


Pada dasarnya source code pada penggambaran segi empat pada java ini sama dengan source code yang digunakan didalam pembuatan program menggunakan java midlet.Semuanya merupakan turunan dari Midlet.Karena sebelumnya sudah saya jelaskan mengenai sedikit fungsi source code pada Midlet,maka pada pembahasan kali ini saya hanya akan menambahkan fungsi source code yang belum ada pada pembahasan sebelumnya.
·         Pada percobaan kali ini akan menggambarkan kotak segi empat maka hal pertama yang dilakukan yaitu membuat kelas yang merupakan turunan dari midlet,nama kelas diberi nama Kotak.
·         Kemudian membuat canvas baru untuk menampilkan gambar segi empat pada emulator dengan nama HelloCanvas3.
·         Pada kelas HelloCanvas3 kita akan membuat ktak segi empat maka kita membuat variabel segi empat pada kelas kotak supaya dapat dipanggil pada saat dibutuhkan.
·         Untuk memanggil projectC yang sudah disimpan maka hanya perlu menuliskan source codethis.projectC = projectC;
·         Untuk menggambar kotak berwarna kuning maka source code yang perlu ditulis yaitu :
                         g.setColor(0,0,0);
                        g.drawRect(8,8,64,32);
                         g.setColor(255,255,0);
                        g.fillRect(8,8,64,32);
·         Untuk menggambar berbagai macam jenis kotak ,source code yang perlu ditulis yaitu seperti berikut :
                          g.setColor(0,0,0);
                        g.drawRect(8,50,88,44);
                        g.drawRoundRect(108, 50, 88, 40,18, 18);
                        g.fillRect(8, 120, 88,44);
                        g.fillRoundRect(108, 120, 88, 44, 18, 18);



TERIMAKASIH :D


No comments:

Post a Comment