I.
Tujuan
·
Mahasiswa memahami konsep dasar pemrograman Java
·
Mahasiswa tentang J2ME dan MIDlet
II.
Aplikasi Yang Digunakan
·
Compiler Java
·
NetBeans
III.
DasarTeori
MIDlet adalah sebutan untuk aplikasi-
aplikasi yang dibuat di dalam handphone dengan menggunakan profil MIDP (Mobile
Information Device Profile). Ternyata, dibalik perangkat kecil yang kita
gunakan, tersimpan teknologi yang canggih. Fitur-fitur yang ada pada handphone
dan PDA mungkin tidak akan secanggih sekarang jika dulu James Gosling tidak
menemukan bahasa pemrograman Java, yang merupakan ‘bapak’ dari J2ME.
Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.
MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.
Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.
MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.
#_# Langkah
Kerja SEGI EMPAT
Percobaan 0
1.
File --> New Project --> Java ME --> Mobile Class Libary
2.
Klick Mobile Library --> New --> MIDlet
1.
Masukkan code program ini sebagai berikut :
import
javax.microedition.midlet.*;
import
javax.microedition.lcdui.*;
/**
* @author MUHAMMAD AFDAL
*/
public
class segiempat extends MIDlet {
private
Display display;
HelloCanvas3
canvas;
public void startApp() {
if(display == null){
canvas = new HelloCanvas3(this);
display = Display.getDisplay(this);
}
display.setCurrent(canvas);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean
unconditional) {
}
protected void Quit(){
destroyApp(true);
notifyDestroyed();
}
}
class
HelloCanvas3 extends Canvas implements CommandListener {
private Command exitCommand = new
Command("Exit",Command.EXIT,7);
private segiempat segiempat;
public HelloCanvas3(segiempat segiempat){
this.segiempat = segiempat;
addCommand(exitCommand);
setCommandListener(this);
}
protected void paint (Graphics g){
g.setColor(255,255,255);
g.fillRect(0,0,getWidth(),getHeight());
//menggambar kotak berwarna kuning
g.setColor(0,0,0);
g.drawRect(8,8,50,32);
g.setColor(255,255,0);
g.fillRect(8,8,50,32);
//menggambar berbagai macam jenis kotak
g.setColor(0,0,0);
g.drawRect(8,50,88,44);
g.fillRect(8,100,88,44);
g.fillRoundRect(8,150,88,44,18,18);
}
public void commandAction(Command c,
Displayable d){
if(c == exitCommand){
segiempat.Quit();
}
}
}
3. Setelah selesai memasukkan code program
tersebut tanpa tanda eror,
Simpan Project dengan klik File > Save All.
4. Didalam panel Project klik kanan pada program lalu klik Deploy.
5. Jalankan aplikasi dengan klik Run > Run Main Project. Maka aplikasi akan dijalankan
Simpan Project dengan klik File > Save All.
4. Didalam panel Project klik kanan pada program lalu klik Deploy.
5. Jalankan aplikasi dengan klik Run > Run Main Project. Maka aplikasi akan dijalankan
GAMBAR 1. Hasil
gambar jika kita ingin
haya memangil kotak kuning
saja
Gambar
2. Dan jika kita hanya Cuma
memangil kotak macam jenis kotak
memangil kotak macam jenis kotak
Gambar 3 . hasil
gambar jika memangil
Kedua gambar
ANALISA :
Pada
dasarnya source code pada penggambaran segi empat pada java ini sama dengan
source code yang digunakan didalam pembuatan program menggunakan java
midlet.Semuanya merupakan turunan dari Midlet.Karena sebelumnya sudah saya
jelaskan mengenai sedikit fungsi source code pada Midlet,maka pada pembahasan
kali ini saya hanya akan menambahkan fungsi source code yang belum ada pada
pembahasan sebelumnya.
·
Pada percobaan kali ini
akan menggambarkan kotak segi empat maka hal pertama yang dilakukan yaitu
membuat kelas yang merupakan turunan dari midlet,nama kelas diberi nama Kotak.
·
Kemudian membuat canvas
baru untuk menampilkan gambar segi empat pada emulator dengan nama
HelloCanvas3.
·
Pada kelas HelloCanvas3
kita akan membuat ktak segi empat maka kita membuat variabel segi empat pada
kelas kotak supaya dapat dipanggil pada saat dibutuhkan.
·
Untuk memanggil projectC
yang sudah disimpan maka hanya perlu menuliskan source codethis.projectC = projectC;
·
Untuk menggambar kotak
berwarna kuning maka source code yang perlu ditulis yaitu :
g.setColor(0,0,0);
g.drawRect(8,8,64,32);
g.setColor(255,255,0);
g.fillRect(8,8,64,32);
·
Untuk menggambar
berbagai macam jenis kotak ,source code yang perlu ditulis yaitu seperti
berikut :
g.setColor(0,0,0);
g.drawRect(8,50,88,44);
g.drawRoundRect(108,
50, 88, 40,18, 18);
g.fillRect(8,
120, 88,44);
g.fillRoundRect(108,
120, 88, 44, 18, 18);
TERIMAKASIH :D
No comments:
Post a Comment