Tutorial pemoggraman java j2me

Pemoggraman java j2me

Ads Here

Saturday, 30 April 2016

TUTORIAL JAVA J2ME GARIS BEWARNA

I.                  Tujuan
·         Mahasiswa memahami konsep dasar pemrograman Java
·         Mahasiswa tentang J2ME dan MIDlet

II.               Aplikasi Yang Digunakan
·         Compiler Java
·         NetBeans


III.           DasarTeori

            MIDlet adalah sebutan untuk aplikasi- aplikasi yang dibuat di dalam handphone dengan menggunakan profil MIDP (Mobile Information Device Profile). Ternyata, dibalik perangkat kecil yang kita gunakan, tersimpan teknologi yang canggih. Fitur-fitur yang ada pada handphone dan PDA mungkin tidak akan secanggih sekarang jika dulu James Gosling tidak menemukan bahasa pemrograman Java, yang merupakan ‘bapak’ dari J2ME.

            Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.

            MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.



*__Langkah Kerja
         Percobaan 0
1.     File --> New Project --> Java ME --> Mobile Class Libary


           2.     Klick Mobile Library --> New --> MIDlet



3.     Masukkan code program ini sebagai berikut  :

import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;

/**
 * @author MUHAMMAD AFDAL
 */
public class Garisbewarna extends MIDlet {
private Display display;
HelloCanvas2 canvas;

    public void startApp() {
        if(display == null){
            canvas = new HelloCanvas2(this);
            display = Display.getDisplay(this);
        }
        display.setCurrent(canvas);
    }
   
   
    public void pauseApp() {
    }
   
    public void destroyApp(boolean unconditional) {
    }
    protected void Quit(){
        destroyApp(true);
        notifyDestroyed();
    }
}
class HelloCanvas2 extends Canvas implements CommandListener {
    private Command exitCommand = new Command("Exit",Command.EXIT,0);
    private Garisbewarna line;
    public HelloCanvas2(Garisbewarna line){
        this.line = line;
        addCommand(exitCommand);
        setCommandListener(this);
    }
    protected void paint (Graphics g){
        //g.setColor(255,255,255);
        g.fillRect(0,0,getWidth(),getHeight());
        g.setColor(255,0,0);
        g.drawLine(0,0,getWidth()-1,getHeight()-1);
        g.setColor(0,255,0);
        g.drawLine(0,getHeight()/2,getWidth()-1,getHeight()/2);
        g.setColor(0,0,255);
        g.drawLine(0,getHeight()-1,getWidth()-1,getHeight()-1);
        //g.setColor(0,0,0);
        g.drawLine(0,getHeight()-1,getWidth()-1,0);
    }
    public void commandAction(Command c, Displayable d){
        if(c == exitCommand){
            line.Quit();
        }
    }
}


 3.  Setelah selesai memasukkan code program tersebut tanpa tanda eror,

     Simpan Project dengan klik File > Save All.

 4.  Didalam panel Project klik kanan pada program lalu klik Deploy.

 5.  Jalankan aplikasi dengan klik Run > Run Main Project. Maka aplikasi akan dijalankan

 6.  Hasil Pemograman  setelah di run >>>





                                         Gambar 1. Menghasilkan Garis bewarna


 ANALISA :
·         Untuk membuat garis dengan warna didalam java midlet maka membutuhkan fungsi source code import javax.microedition.midlet.*;
·         Untuk menampilkan program pada layar display emulator maka membutuhkan fungsi import javax.microedition.lcdui.*;
·         Dalam membuat kelas untuk pembuatan garis dengan warna maka kita harus membuat kelas yang merupakan turunan dari Midlet yang bernama ProjectB.
·         Didalam kelas ProjectB menggunakan fungsiprivate Display display; untuk menggunakan display pada emulator yang disediakan oleh java midlet.Kemudian membuat canvas yang merupakan kelas turunan dari kelas ProjectB dengan nama HelloCanvas2 menggunakan source codeHelloCanvas2 canvas;
·         Didalam public static void startApp menggunakan fungsi if  untuk memberikan keadaan  untuk mengeksekusi perintah jika display dalam keadaan kosong maka canvas membuat  canvas baru kemudian menampilkanya pada display.
·         Display.setCurrent(canvas); berfungsi untuk menampilkan canvas dalam display emulator.
·         Protected void Quit(){ berfungsi untuk mrnjalankan fungsi keluar.
·         Pada class HelloCanvas2 extends Canvas implements CommandListener{ berfungsi untuk membuat kelas turunan dari Canvas yang bernama HelloCanvas2 yang menggunakan action pada fungsi CommandListener.
·         Private Command exitCommand = new Command(“Exit”,Command.EXIT,0); berfungsi untuk membuat perintah exit atau keluar dengan prioritas 0.
·         Private ProjectB line; berfungsi untuk membuat garis dengan warna pada class HelloCanvas2.
·         Protected void paint(Graphics g); berfungsi untuk menggunakan fungsi gambar dari turunan paint dengan parameter .
·         g.setColor(); berfungsi untuk mangatur warna.
·         g.fillRect(0,0,getHeight(),getWidth()); berfungsi untuk menggambar dari kiri atas dengan menentukan tinggi dan lebar pada layar emulator.
·         g.drawLine(); berfungsi untuk menggambar garis pada layar emulator.



                 
                      TUTORIAL VIDEO JAVA J2ME GAMBAR GARIS



No comments:

Post a Comment