I.
Tujuan
·
Mahasiswa memahami konsep dasar pemrograman Java
·
Mahasiswa tentang J2ME dan MIDlet
II.
Aplikasi Yang Digunakan
·
Compiler Java
·
NetBeans
III.
DasarTeori
MIDlet adalah sebutan untuk aplikasi-
aplikasi yang dibuat di dalam handphone dengan menggunakan profil MIDP (Mobile
Information Device Profile). Ternyata, dibalik perangkat kecil yang kita
gunakan, tersimpan teknologi yang canggih. Fitur-fitur yang ada pada handphone
dan PDA mungkin tidak akan secanggih sekarang jika dulu James Gosling tidak
menemukan bahasa pemrograman Java, yang merupakan ‘bapak’ dari J2ME.
Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.
MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.
Suatu aplikasi Mobile Information Device Profile (MIDP) pada j2me disebut MIDlet. Perangkat application management software (AMS) berinteraksi langsung dengan MIDlet dengan method MIDlet create, start, pause, dan destroy.
MIDlet adalah bagian dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet. Dan dapat meminta parameter dari AMS seperti dirumuskan dalam application descriptor (JAD). Suatu MIDlet tidak harus memiliki (sebenarnya harus tidak memiliki) sebuah method public static void main(String[] args) seperti layaknya aplikasi java lainnya. Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh application management software (AMS) sebagai awal sebuah running program.
*__Langkah Kerja
Percobaan 0
1.
File --> New Project --> Java ME --> Mobile Class Libary
2. Klick Mobile Library --> New --> MIDlet
3.
Masukkan
code program ini sebagai berikut :
import
javax.microedition.midlet.*;
import
javax.microedition.lcdui.*;
/**
* @author MUHAMMAD AFDAL
*/
public
class Garisbewarna extends MIDlet {
private
Display display;
HelloCanvas2
canvas;
public void startApp() {
if(display == null){
canvas = new HelloCanvas2(this);
display = Display.getDisplay(this);
}
display.setCurrent(canvas);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean
unconditional) {
}
protected void Quit(){
destroyApp(true);
notifyDestroyed();
}
}
class
HelloCanvas2 extends Canvas implements CommandListener {
private Command exitCommand = new
Command("Exit",Command.EXIT,0);
private Garisbewarna line;
public HelloCanvas2(Garisbewarna line){
this.line = line;
addCommand(exitCommand);
setCommandListener(this);
}
protected void paint (Graphics g){
//g.setColor(255,255,255);
g.fillRect(0,0,getWidth(),getHeight());
g.setColor(255,0,0);
g.drawLine(0,0,getWidth()-1,getHeight()-1);
g.setColor(0,255,0);
g.drawLine(0,getHeight()/2,getWidth()-1,getHeight()/2);
g.setColor(0,0,255);
g.drawLine(0,getHeight()-1,getWidth()-1,getHeight()-1);
//g.setColor(0,0,0);
g.drawLine(0,getHeight()-1,getWidth()-1,0);
}
public void commandAction(Command c,
Displayable d){
if(c == exitCommand){
line.Quit();
}
}
}
3. Setelah selesai memasukkan code program
tersebut tanpa tanda eror,
Simpan Project dengan klik File > Save All.
4. Didalam panel Project klik kanan pada program lalu klik Deploy.
5. Jalankan aplikasi dengan klik Run > Run Main Project. Maka aplikasi akan dijalankan
6. Hasil
Pemograman setelah di run >>>
ANALISA
:
·
Untuk membuat garis dengan
warna didalam java midlet maka membutuhkan fungsi source code import
javax.microedition.midlet.*;
·
Untuk menampilkan
program pada layar display emulator maka membutuhkan fungsi import
javax.microedition.lcdui.*;
·
Dalam membuat kelas
untuk pembuatan garis dengan warna maka kita harus membuat kelas yang merupakan
turunan dari Midlet yang bernama ProjectB.
·
Didalam kelas ProjectB
menggunakan fungsiprivate Display display; untuk menggunakan display pada
emulator yang disediakan oleh java midlet.Kemudian membuat canvas yang
merupakan kelas turunan dari kelas ProjectB dengan nama HelloCanvas2
menggunakan source codeHelloCanvas2 canvas;
·
Didalam public static
void startApp menggunakan fungsi if untuk memberikan
keadaan untuk mengeksekusi perintah jika display dalam keadaan
kosong maka canvas membuat canvas baru kemudian menampilkanya pada
display.
·
Display.setCurrent(canvas); berfungsi
untuk menampilkan canvas dalam display emulator.
·
Protected void
Quit(){ berfungsi untuk mrnjalankan fungsi keluar.
·
Pada class HelloCanvas2
extends Canvas implements CommandListener{ berfungsi untuk membuat kelas
turunan dari Canvas yang bernama HelloCanvas2 yang menggunakan action pada
fungsi CommandListener.
·
Private Command
exitCommand = new Command(“Exit”,Command.EXIT,0); berfungsi untuk membuat
perintah exit atau keluar dengan prioritas 0.
·
Private ProjectB
line; berfungsi untuk membuat garis dengan warna pada class HelloCanvas2.
·
Protected void
paint(Graphics g); berfungsi untuk menggunakan fungsi gambar dari turunan
paint dengan parameter .
·
g.setColor(); berfungsi
untuk mangatur warna.
·
g.fillRect(0,0,getHeight(),getWidth()); berfungsi
untuk menggambar dari kiri atas dengan menentukan tinggi dan lebar pada layar
emulator.
·
g.drawLine(); berfungsi
untuk menggambar garis pada layar emulator.
TUTORIAL VIDEO JAVA J2ME GAMBAR GARIS
TUTORIAL VIDEO JAVA J2ME GAMBAR GARIS
No comments:
Post a Comment